• SMA NEGERI 4 KUNDUR
  • Sekolah Berbudaya

Bantuan Subsidi Upah Kemendikbud Bukti Pemerintah Hadir

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada sekitar dua juta Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) non-pegawai negeri sipil (Non-PNS) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Tahun 2020. Bantuan tersebut diberikan secara bertahap sampai akhir November 2020 dengan total anggaran lebih dari Rp 3,6 triliun.

“Bantuan Subsidi Upah untuk membantu para ujung tombak pendidikan yang telah berjasa membantu pendidikan anak-anak kita,” demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, pada peluncuran BSU Kemendikbud, di Jakarta, Selasa (17/11/2020). 

Mendikbud berharap BSU dapat melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para dosen, guru, kepala sekolah, pendidik pada pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidik pada pendidikan kesetaraan, tenaga pengelola perpustakaan, tenaga pengelola laboratorium, dan tenaga administrasi non-PNS di lingkungan Kemendikbud. BSU disalurkan kepada 162 ribu dosen perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta; 1,6 juta guru dan pendidik pada satuan pendidikan negeri dan swasta; dan 237 ribu tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, dan tenaga administrasi.

Menurut Mendikbud, Pemerintah selalu mengutamakan kesederhanaan kriteria sehingga memudahkan para calon penerima dalam memperoleh bantuan. Syarat PTK yang mendapat BSU adalah warga negara Indonesia (WNI) berpenghasilan di bawah Rp 5 juta per bulan dan berstatus non-PNS serta tidak menerima bantuan subsidi upah/gaji dari Kementerian Tenaga Kerja dan bukan penerima kartu prakerja  sampai 1 Oktober 2020.

Berbagai syarat tersebut tertuang dalam Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 19 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Penanganan Dampak Coronavirus Disease (Covid-19) Tahun Anggaran 2020. “Syarat ini agar bantuan adil dan tidak tumpang tindih sehingga tidak ada individu yang menerima bantuan berlimpah dari pemerintah, sementara yang lain tidak mendapatkan,” jelas Mendikbud.

Pulihkan Ekonomi Pendidik

Kemendikbud didukung Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) berkoordinasi melakukan pendataan para Pendidik dan Tenaga Kependidikan Non-PNS yang dinilai paling terdampak pandemi untuk menerima bantuan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketua Pelaksana KPC PEN, Erick Thohir, memberikan dukungan atas program BSU. “Terima kasih kepada Mendikbud dan Menteri Keuangan yang telah memberikan kepercayaan kepada bank milik negara untuk membantu program-program pemerintah. Kami mendukung program pemerintah agar data akurat, tidak salah sasaran, dan akuntabel,” terang Erick.

Dukungan yang sama disampaikan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. Menurutnya, pandemi Covid-19 merupakan bencana luar biasa dan berdampak terhadap perekonomian. “Khusus pendidikan, pembelajaran tiba-tiba harus dilakukan secara daring. Oleh sebab itu, kita keluarkan langkah-langkah membantu. Kemudian kita lihat guru-guru non-PNS. Mereka banyak yang pendapatannya di bawah Rp 5 juta. Maka, pemerintah keluarkan BSU bagi mereka,” terang Menteri Keuangan.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, juga memberikan apresiasi atas komitmen Kemendikbud terhadap para guru non-PNS. “Kami mengapresiasi Mendikbud yang meluncurkan BSU. Bantuan ini bagai mata air di musim kemarau. Kami apresiasi setinggi-tingginya,” tegas Hetifah.

Guru SMPN 41 Satu Atap Batu Putih, Maros, Sulawesi Selatan, Muhamad Kasim, yang berkesempatan hadir dalam peluncuran BSU menyampaikan apresiasi kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan bagi guru non-PNS. “Saya salah satu yang mendapat bantuan. Saya yang non-PNS ini sangat bersyukur mendapatkan penghasilan tambahan di samping dari pemanfaatan dana Bantuan Operasional Sekolah,” tutur Kasim.

Baedhowi, Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pengurus Pusat Muhammadiyah juga menyambut baik kebijakan Kemendikbud ini. “Saya menyambut baik kebijakan Mendikbud yang memberikan bantuan subsidi upah bagi guru-guru non-PNS,” tuturnya.

Senada dengan itu, Ruswan, Ketua Pengurus Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) menyatakan, “Pada saat pandemi seperti ini, bantuan tersebut sungguh sangat dinantikan para guru dan tenaga kependidikan swasta, karena banyak di antara mereka yang tidak bisa mendapatkan gaji secara rutin.”

Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia, Muhammad Ramli Rahim, mengatakan BSU sangat diperlukan para guru non-PNS. “Bantuan ini sangat penting dalam upaya mendukung proses pembelajaran agar bisa terus berjalan. Para guru bisa berkonsentrasi mengajar tanpa memikirkan asap dapur mereka.”

Agus Noorsanto, Perwakilan Himpuran Bank Milik Negara berpendapat sama. “Peluncuran BSU ini diharapkan dapat mendukung PTK non-PNS dalam mengamban tugas mulianya mendidik anak bangsa yang dalam situasi pandemi ini menjadi lebih menantang,” ujarnya.

Mekanisme Transparan dan Akuntabel

Guna memastikan bantuan disalurkan secara transparan dan akuntabel, Kemendikbud membuatkan rekening baru untuk setiap PTK penerima BSU Kemendikbud. PTK dapat mengakses Info GTK (info.gtk.kemdikbud.go.id) atau Pangkalan Data Dikti (pddikti.kemdikbud.go.id) untuk menemukan informasi rekening bank masing-masing dan lokasi cabang bank pencairan bantuan.

Selanjutnya, PTK menyiapkan dokumen pencairan BSU sesuai informasi yang didapatkan, yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika ada, surat keputusan penerima BSU yang dapat diunduh dari Info GTK dan PDDikti, serta Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang dapat diunduh dari Info GTK dan PDDikti, diberi materai, dan ditandatangani. Setelah dokumen tersebut lengkap, PTK dapat mendatangi bank penyalur untuk pencairan dengan membawa dokumen yang dipersyaratkan dan menunjukkan ke petugas bank penyalur untuk diperiksa.

Setelah melengkapi keseluruhan proses, PTK diberikan waktu mengaktifkan rekening dan mencairkan bantuan senilai 1,8 juta rupiah dipotong pajak hingga 30 Juni 2021. Mendikbud menutup kegiatan peluncuran dengan pesan, “Dari awal masa jabatan, saya selalu menegaskan bahwa kami adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kebijakan-kebijakan Kemendikbud tidak hanya berpihak pada guru-guru sekolah negeri, tetapi juga mereka yang di sekolah swasta. Termasuk para guru honorer.”

Peluncuran BSU Pendidik dan Tenaga Kependidikan Non-PNS di lingkungan Kemendikbud Tahun 2020 dapat disimak melalui tautan: https://www.youtube.com/watch?v=N-VjOuwruus.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
13 Siswa SMAN 4 Kundur, Lolos dan Siap mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat provinsi

Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah kompetisi siswa berprestasi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbud. Yang dulunya disebut Olimpiade Sains Nasional. SMAN 4 K

09/09/2021 22:22 - Oleh Smanpatkundur - Dilihat 468 kali
PPDB 2021 SMAN 4 KUNDUR

Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) SMA Negeri 4 Kundur Tahun Pelajaran 2021/2022 akan di lakukan secara Online Melalui Link  ppdb.sman4kundur.sch.id. Calon Peserta didik dapat

23/06/2021 13:34 - Oleh Smanpatkundur - Dilihat 639 kali
[REVISI #1] Panduan Teknis Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Daring/Online Tahun 2021

Yth. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi di seluruh Indonesia Menindaklanjuti Surat Edaran Pelaksanaan lomba-lomba Pendidikan Khusus Tahun 2021 nomor 0469/J3/DM.04.00/2021 tanggal 19 April

14/06/2021 11:24 - Oleh Smanpatkundur - Dilihat 619 kali
Apakah yang Dimaksud dengan Murid Merdeka Belajar?

Esensi dari Merdeka Belajar adalah menggali potensi terbesar para guru dan murid untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas belajar secara mandiri. Pada Webinar Guru Belajar, Kepala Sek

25/11/2020 11:14 - Oleh Smanpatkundur - Dilihat 2446 kali
Pemerintah Daerah Diberikan Kewenangan Penuh Menentukan Izin Pembelajaran Tatap Muka

Pemerintah mengumumkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri

25/11/2020 10:23 - Oleh Smanpatkundur - Dilihat 423 kali
Filosofi Logo Hari Guru Nasional 2020

Kemendikbud mengapresiasi masukan berbagai pihak mengenai sayembara logo Hari Guru Nasional (HGN) 2020. Dengan mengedepankan prinsip transparansi, independensi, akuntabilitas, dan orisi

25/11/2020 10:22 - Oleh Smanpatkundur - Dilihat 363 kali
Penting Dipahami! Ternyata Begini 3 Gaya Belajar Anak

Seringkali, siswa mengalami kesulitan dalam belajar. Meski sudah belajar dengan waktu yang sudah sesuai, namun materi sulit untuk dicerna. Pernahkan kamu belajar seharian tetapi pelajar

03/08/2020 10:19 - Oleh Smanpatkundur - Dilihat 513 kali
Lomba Foto dan Artikel Jurnalistik 2020

Dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menggelar lomba foto serta artikel jurnalistik terkait pendid

03/08/2020 10:14 - Oleh Smanpatkundur - Dilihat 402 kali
Workshop Pembelajaran Jarak jauh

Dalam rangka memantapkan guru yang kreatif dan Inovatif, SMA Negeri 4 Kundur melaksanakan Workskop Pembelajaran Jarak Jauh  ( PJJ ) yang di ikuti oleh Seluruh Majelis Guru serta Pe

24/07/2020 10:11 - Oleh Smanpatkundur - Dilihat 392 kali
Sosialisasi Program Pembinaan dan Pelatihan calon anggota Polri Tahun 2018 dan Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Pil PCC

Sosialisasi Program Pembinaan dan Pelatihan calon anggota polri dan Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Pil PCC di SMA Negeri 4 Kundur Oleh Kapolsek Kundur Utara Barat  Pada Pelaksanaan

17/07/2020 10:52 - Oleh Smanpatkundur - Dilihat 443 kali
Perwakilan Siswa SMAN 4 Kundur Juara 3 Dalam Rangka Olimpiade Fisika 13 Se-Sumatra.

Perwakilan Smanpat Kundur mengikuti olimpiade fisika 13 Se-Sumatra. Mewakili SMAN 4 kundur. Kab,karimun. Prov Kepulauan riau.    Dan Selamat kepada&

17/07/2020 10:46 - Oleh Smanpatkundur - Dilihat 677 kali