Buah-Buahan yang Baik Dikonsumsi Saat Puasa.

Smanpat Kundur - Saat berpuasa dianjurkan banyak mengkonsumsi buah-buahan untuk menjaga tubuh tetap bugar. Buah-buahan mengandung serat dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh ketika menjalani ibadah puasa. Selama lebih dari 13 jam tidak mendapat asupan nutrisi, sedangkan tubuh tetap beraktivitas dengan beragam kegiatan. Jadi, Anda wajib menyertakan buah-buahan dalam daftar menu saat berbuka dan sahur.

Buah-buahan Yang Baik Dikonsumsi Saat Puasa-www.viva.co.idBerikut beberapa buah yang baik dikonsumsi saat berpuasa:

1. Kurma
Buah yang tumbuh di padang pasir ini mengandung gula-gula monokarida yang mudah dicerna oleh tubuh yaitu sekitar 45-60 menit. Sedangkan nasi perlu waktu berjam-jam untuk dicerna. Kurma adalah makanan yang paling baik disantap saat berbuka puasa karena menyuplai asupan energy dengan cepat.

2. Blewah
Mengkonsumsi blewah dapat mencegah dehidrasi selama berpuasa. Selain memiliki kandungan air yang tinggi, blewah juga memiliki zat gula yang mudah diserap oleh tubuh. Blewah juga mengandung kalium yang tinggi yang berfungsi untuk melancarkan pengiriman oksigen ke otak dan menjaga kseimbangan cairan dalam tubuh.

3. Pisang
Kandungan pada buah pisang seperti vitamin A, B1, B2 dan C bisa membantu mengurangi asam lambung. Karena bisa membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh, maka pisang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang berpuasa.

4. Pepaya
Pepaya banyak mengandung vitamin C dan provitamin A yang bisa membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan dan membuat saluran pencernaan makanan tetap lancar. Masalah susah buang air besar pun akan terasatasi.

5. Semangka
Semangka merupakan buah berwarna merah yang kaya akan air, mengandung vitamin A dan vitamin C. Memakan semangka saat berbuka dapat mengatasi dahaga setelah seharian berpuasa. Buah merah ini juga dipercaya dapat menyejukkan tubuh karena kaya akan likopen.

6. Jeruk
Dalam menjaga tubuh agar tetap sehat, sebaiknya kita memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh setidaknya dengan dosis 75 miligram per hari. Untuk memenuhinya, mungkin Anda bisa mengkonsumsi jeruk dimana buah ini mengandung sekitar 82,7 miligram. Karenanya, jangan lupakan buah berwarna oranye ini dalam asupan harian Anda.

Namun perlu diingat, Anda yang mempunyai masalah lambung sensitif sebaiknya berhati-hati dalam memilih buah. Pilihlah buah yang sudah matang dan manis rasanya, jangan yang masih muda dan berasa masam. Jangan sampai niat Anda untuk sehat justru menyakitkan karena masalah lambung.

Youtube

Selamat Datang Di Member Log In

Mari Bergabung Bersama Kami

Baca Selengkapnya Berita serta Info Terupdate, di smanpatkundur.sch.id.

Temui Kami Di Sini....!!!

Bergabung Di Website : Klik Disini

Bergabung di Facebook : Klik Disini

Bergabung di Twitter : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!